Selain BPJS, Asuransi Kesehatan dan Unit Link Bisa Jadi Pilihan Ideal

Selain BPJS, Asuransi Kesehatan dan Unit Link Bisa Jadi Pilihan Ideal

By Admin

Sebagai perwujudan tanggung jawab negara akan jaminan sosial bagi warga negara, penyedia layanan kesehatan meluncurkan asuransi kesehatan bernama BPJS kesehatan. Sudah banyak yang menggunakannya. Tapi apa tidak ada alternatif pilihan lainnya? Tentu saja ada. Anda bisa menggunakan asuransi kesehatan lain atau Unit link. Jika Anda tertarik dengan alternatif pilihan lain, silahkan Anda simak ulasan berikut untuk informasi lebih lanjut.

  1. Menggunakan Asuransi Kesehatan Murni

Salah satu opsi yang bisa Anda temukan adalah menggunakan jaminan kesehatan murni dari perusahaan asuransi. Biasanya jaminan kesehatan ini adalah murni atau dibuat khusus dan fokus untuk pemberian layanan kesehatan saja. Karena itulah, opsi ini bisa menjadi opsi yang terbaik untuk Anda. Bahkan, opsi pertama ini dirasa lebih unggul dalam pelayanan kesehatan, dari pada asuransi berbasis investasi pada unit link yang akan dibahas setelah ini.

Ada beberapa poin yang bisa menjadi pertimbangan untuk Anda mengenai jaminan ini. Yang pertama adalah memiliki premi yang lebih rendah atau murah. Kemudian, jaminan kesehatan ini juga memiliki layanan kesehatan yang lebih luas dan menyeluruh. Hal ini berkaitan dengan rekanan rumah sakit dan pelayanan pengobatan. Ditambah lagi masa berlaku bisa sampai tahunan, dan layanan yang diberikan mencakup rawat inap dan jalan.

  1. Menggunakan Asuransi Kesehatan Unit Link

Meskipun asuransi ini banyak diminati, namun ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui. Yang pertama adalah asuransi ini menawarkan dua keunggulan, yakni berupa proteksi diri atau untuk kesehatan, dan yang kedua adalah untuk investasi. Jadi bisa dibilang, premi yang akan Anda bayarkan akan masuk ke dalam dua tujuan. Satu untuk layanan perawatan kesehatan dan satunya digunakan untuk beberapa instrumen investasi keuangan.

Meskipun hal tersebut cukup menarik dan bisa menjadi keunggulan, namun hal tersebut juga diikuti dengan sejumlah risiko. Salah satunya adalah naik turunnya biaya yang ada di dalam premi yang disetorkan. Hal ini bisa saja terjadi karena investasi akan banyak bergantung dengan situasi pasar modal yang juga akan mengalami pasang surut. Namun sayangnya, masih banyak orang yang menutup mata akan risiko dari membeli unit link ini.

Selain berbicara tentang naik turunnya pasar modal, ada beberapa poin yang perlu Anda jadikan pertimbangan mengenai unit Link ini. Yang pertama adalah manfaat kesehatan yang lebih terbatas. Sehingga kurang bisa memberikan manfaat yang maksimal untuk perawatan. Ditambah lagi karena digunakan untuk dua hal, premi yang harus dibayarkan akan lebih besar. Namun jika soal pengembalian premi, jaminan ini bisa dilakukan sewaktu – waktu.

  1. Menggunakan Alternatif Menabung

Asuransi memang salah satu solusi yang aman dalam jangka waktu yang panjang. Namun jika Anda mencari cara yang lebih mudah, menabung secara konvensional baik di bank atau pribadi, bisa menjadi alternatif pilihan terbaik. Anda tidak perlu melakukan klaim untuk menarik uang. Anda juga tidak akan merasa tertekan untuk membayar setiap bulan, karena Anda bisa menabung kapan saja. Namun, untuk cara ini dibutuhkan komitmen yang kuat.

Itulah beberapa alternatif asuransi lain yang bisa Anda gunakan selain BPJS. Banyak asuransi kesehatan murni dengan kualitas yang lebih baik dan premi yang lebih rendah. Atau Anda bisa menggunakan Unit Link untuk asuransi berbasis investasi, yang banyak diminati masyarakat. Namun, alternatif lain yang paling mudah adalah dengan menabung secara konvensional. Jadi, pilihlah dengan cermat dan teliti asuransi kesehatan Anda.