Cara Cerdas Menggunakan Kartu Kredit

Cara Cerdas Menggunakan Kartu Kredit

By Admin

Bagi mereka yang enggah memegang uang tunai, kehadiran si kartu sakti ini membawa angin segar dengan segala keuntungannya. Tak perlu lagi membawa sejumlah uang ketika hendak berbelanja, namun perlu diimbangi dengan kesadaran tinggi dalam penggunaanya. Sebab, kemudahan yang ditawarkan seringkali menggoda untuk terus menggunakannya tanpa henti. Agar tidak terlilit hutang, simak ulasan Borneo cara cerdas menggunakan kartu kredit berikut.

  1. Maksimal Memiliki 2 Kartu Kredit

Memang benar jika kartu ini menghadirkan segudang kemudahan dan kenikmatan tersendiri, namun anda wajib membatasi diri dalam penggunaannya. Dianjurkan untuk memiliki kartu kredit tidak lebih dari 2 buah, lantaran semakin banyak kartu kemungkinan besar justru semakin menyulitkan untuk menekan hasrat menggunakannya. Bukannya mendapatkan keuntungan, yang ada hanyalah hutang yang terus bertumpuk tiada henti.

Jika hutang tersebut terus tertumpuk setiap harinya, maka semakin berat pula pembayaran yang harus dibayarkan. Belum lagi jika memang memiliki lebih dari dua kartu kredit, berapa jumlah anggaran yang harus ditutupi ? Oleh karenanya, memiliki dua kartu saja dirasa lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan. Bukan hanya lebih memudahkan, namun juga menjauhkan anda dari bahaya yang mungkin sudah menanti di masa depan.

  1. Membuat Kartu Sesuai Kebutuhan Saja

Umumnya kertu kredit akan mengadakan kerjasama dengan berbagai toko komersil, dengan tujuan agar semakin banyak orang tertarik menggunakan produknya. Sehingga ketika nasabah menggunakannya, mereka bisa menikmati segala keuntungan dan cenderung susah untuk berhenti. Dari dasar inilah, penting untuk mengetahui kebutuhan dominan yang seringkali menggunakan kartu tersebut.

Misalnya saja ketika anda menggunakan kartu untuk kuliner, maka sebaiknya membuat kartu kredit dengan berbagai penawaran promo menarik di restoran. Begitu pula ketika anda menyukai hal berbau fashion, maka kartu kredit yang cocok adalah produk yang menawarkan promo menarik di berbagai outlet fashion. Oleh karenanya, mulai memahami apa kebutuhan masing masing untuk mendapatkan segudang keuntungannya.

  1. Atur Limit Kartu Kredit

Setiap kartu sakti yang dimiliki, tentu saja memiliki limit tertentu yang disesuaikan dengan kemampuan serta kebutuhan. Dengan adanya limit tersebut, anda bisa memanfaatkannya sebagai cara cerdas untuk menekan pengeluaran terlalu banyak. Tinggal memilih limit yang paling kecil untuk kartu pertama dan menggunakan limit yang lebih besar pada kartu kedua, dijamin pengeluaran menjadi lebih bisa diatur daripada sebelumnya.

  1. Berpikir Ulang Ketika Hendak Berbelanja

Sebagai nasabah kartu sakti yang cerdas, anda perlu menyaring mana yang memang kebutuhan dan mana yang hanyalah keinginan semata. Sebab tidak segala hal yang awalnya diinginkan ternyata dibutuhkan, dan begitu pula sebaliknya. Oleh sebab itu, penting untuk berfikir matang ketika hendak menggunakan uang dan tidak hanya berkedok nafsu belaka. Pikirkan kembali apakah anda benar benar memerlukannya, dirasa mampu menekan pengeluaran terlalu banyak.

  1. Memantau dan Gunakan Point Reward

Semakin sering berbelanja menggunakan kartu sakti, secara tidak langsung anda telah mengumpulkan point reward terus menerus. Ketika jumlah point sudah banyak terkumpul, tidak ada salahnya menukakan dengan barang ataupun berbagai penawaran menarik. Adanya penukaran point ini tentu menghadirkan keuntungan sendiri, sehingga anda perlu memantaunya secara jeli agar bisa menggunakannya kelak.

Setelah mengetahui bagaimana cara tepat menggunakan kartu tersebut, segera aplikasikan dalam kehidupan sehari hari agar lebih terbiasa. Dengan menerapkannya, anda bisa merasakan bila pengeluaran dana menjadi lebih teratur. Meski si kartu sakti ini menawarkan berbagai keuntungan, jangan lupa untuk menyisihkan dana untuk ditabung. Dengan adanya persiapan dana tambahan, anda tidak akan gelabakan ketika ada pengeluaran mendadak.