Tips Agar Investasi Jangka Panjang Anda Sukses

Tips Agar Investasi Jangka Panjang Anda Sukses

By Admin

Tujuan utama ketika hendak melakukan investasi, tentu saja untuk mendapatkan keuntungan berlipat bagi kesejahteraan ekonomi di masa mendatang. Oleh karenanya, kini sudah banyak generasi muda yang mencoba melakukan investasi sesuai dengan kemampuanya. Apa saja tips yang bisa dilakukan agar investasi dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama dan tetap sukses ? Silahkan simak dahulu ulasan berikut.

  1. Memulai Dari Investasi Kecil Kecilan

Tahukan anda apa yang menjadikan kebanyakan orang gagal melakukan investasi ? Salah satunya karena kurangnya dasar pengalaman dan terlalu percaya diri untuk mengalokasikan dana dalam jumlah besar. Alih alih mendapatkan keuntungan, yang ada hanyalah mendapatkan kerugian bahkan mungkin bisa saja sampai berhutang. Inilah pentingnya kenapa memulai investasi harus diimbangi dengan pengalaman dan juga pengetahuan.

Tak perlu terburu buru untuk menemukan investasi terbaik, jika memungkinkan cobalah dari investasi kecil kecilan dan akan bertambah seiring berjalannya waktu. Selama itu pula, terus asah pengalaman dan pengetahuan dari mereka yang sudah berpengalaman di bidang tersebut. Dengan kata lain, akan lebih efektif bila dipraktekkan sambil belajar dalam satu waktu.

  1. Memulai Dari Uang Sendiri

Tertarik untuk melakukan investasi ? Pastikan memulai investasi dari uang sendiri, dan jangan pernah mencoba menginvestasikan dana pinjaman dari berbagai sumber seperti bank. Sebab, dana yang dipinjamkan tentu saja memiliki bunga yang akan terus bertambah seiring berjalannya waktu. Di sisi lain, investasi dengan dana tersebut pastinya membutuhkan waktu agar mendapatkan keuntungan yang diinginkan.

Selagi menunggu hal yang belum pasti, bunga akan terus bertambah dan menumpuk setiap harinya. Jika nominal bunga yang harus dibayarkan lebih besar daripada keuntungan dari investasi, tentu saja anda akan merugi. Inilah alasan kenapa menabung sejak dini dan pemilihan strategi tepat perlu dibutuhkan, pasalnya hal tersebut akan membantu anda sekaligus menjadi dana antisipasi apabila terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.

  1. Tidak Mempercayai Mitos yang Beredar

Hingga kini, masih banyak orang beranggapan bahwa melakukan investasi hanyalah mendatangkan kerugian. Padahal jika dikelola dengan tepat, hasil yang didapatkan kemungkinan lebih besar dari modal awal investasi. Mungkin memang benar ada resiko yang harus ditanggung, namun bukan berarti semua dana akan ludes tak tersisa seperti yang dibayangkan sebelumnya. Daripada mempercayai mitos yang ada, sebaiknya coba dahulu dan dapatkan keuntungannya.

  1. Terus Belajar

Hal mendasar yang wajib dilakukan ketika ingin melakukan investasi tentu saja menyiapkan bekal dengan berbagai ilmu dan pengalaman yang berkaitan dengan investasi. Sebab, mengerti dan paham teori saja tidakah cukup untuk bisa beradaptasi dengan kondisi kenyataan di lapangan. Tidak mudahnya melakukan adaptasi, ditakutkan mendatangkan lebih banyak kerugian daripada keuntungan. Jikapun sudah melakukan investasi, jangan lupa untuk asah kemampuan.

  1. Tidak Mudah Tergoda Saham Murah

Saham yang dijual dengan harga rendah memang tampak menggiurkan, namun ada baiknya lebih jeli untuk menekan resiko kerugian. Memang tidak ada salahnya berpegang bila pembelian saham murah maka resikonya juga akan lebih sedikit, namun hal ini perlu dipertimbangkan kembali mengingat namanya investasi tidak ada yang pasti. Meski melakukan investasi dalam jumlah kecil, namun resiko besar tetap ditanggung bila jatuh di posisi terendah.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi, salah satunya dengan menjadi investor baik secara jangka panjang maupun jangka pendek. Dengan pemilihan target tepat dan sesuai dengan kemampuan, dipastikan ada kepuasan tersendiri ketika sudah bisa memanen hasilnya. Apabila tertarik melakukan investasi jangka panjang, pastikan telah menyiapkan segala keperluan dari jauh hari dan terapkan tips di atas.