Jenis Investasi Jangka Pendek dan Jangka Panjang yang Menjanjikan

Jenis Investasi Jangka Pendek dan Jangka Panjang yang Menjanjikan

By Admin

Untuk menjaga finansial tetap terjaga atau justru semakin mengalami peningkatan, maka Invetasi bisa dijadikan sebuah cara untuk menjamin masa mendatang. Kini jenis investasi sendiri sangat banyak jenis dan wujudnya sehingga anda bisa menyesuikan yang sesuai dengan kebutuhan anda. Untuk memudahkan anda, secara umum investasi dibedakan dalam jangka pendek dan juga panjang. Berikut jenis investasi yang bisa anda jadikan pilihan.

1. Jenis Investasi Berjangka Panjang

Investasi jangka panjang merupakan jenis investasi dimana dana investasi anda akan diputar serta bisa dicairkan hingga waktu tertentu. Umumnya jangka waktu yang paling cepat untuk pencairan adalah 1 tahun. Umumnya investasi ini digunakan untuk menamam sebagian modal agar sebuah perusahaan atau perorangan memiliki penghasilan tetap. Dan jenis investasi yang bisa digunakan untuk investasi jangka panjang adalah sebagai berikut.

a. Tanah dan Bangunan

Produk investasi berjangka panjang yang bisa dipilih dan menjanjikan adalah tanah maupun bangunan. Seperti yang kita tahu kebutuhan untuk memiliki papan setiap tahun semakin meningkat sementara lahan akan semakin berkurang. Membuat investasi satu ini akan sangat menjanjikan di masa mendatang. Meskipun menjanjikan, untuk berinvestasi tanah maupun bangunan juga membutuhkan modal yang tidak sedikit dan akan terus meningkat.

b. Emas

Selain tanah maupun bangunan, emas juga bisa dijadikan sebagai investasi jangka panjang. Emas cenderung memiliki harga yang mengalami kenaikan setiap tahunnya. Nilai jualnya juga tinggi menjadikan investasi logam mulia menjadi pilihan aman. Anti inflasi ddan juga harga yang stabil membuat keuntungannya juga bisa berlipat. Jika anda melakukan investasi emas misal selama 5 tahun sudah akan mendapatkan untuk berkali lipat.

c. Reksadana

Reksadana juga bisa dijadikan dalam investasi jangka panjang, dimana reksadana adalah surat surat berharga yang dijadikan sebagai bukti aset atau klaim. Keunggulan reksadana sendiri memiliki banyak pilihan yang bisa anda pilih untuk menanam modal. Bisa berupa obligasi, pasar uang hingga saham dan anti bisa memilih instrumen yang paling sedikit risikonya.

2. Jenis Investasi Jangka Pendek

Investasi jangka pendek dengan jangka panjang yang paling membedakan adalah waktu pencairannya. Jangka pendek bisa dicairkan dalam waktu yang relatif pendek. Dana yang bisa dicairkan bisa berasal dari kelebihan dana yang bersifat sementara dan dimiliki oleh perusahaan yang bersangkutan. Biasanya dalam waktu 12 bulan bahkan sebelum waktu tersebut juga sudah bisa dicairkan. Jenisnya akan disebutkan sebagai berikut.

a. Tabungan Bank

Investasi satu ini paling dikenal dan menjadi cara yang paling mudah serta cepat membuat investasi berkembang. Tidak memandang usia, setiap orang bisa memulai investasi satu ini. Anda bisa mengambil uang kapan saja dan dimana saja dengan mengambil investasi tabungan bank ini. Investasi satu ini tidak menuntut anda untuk menyetor sejumlah dana dalam waktu tertentu.

b. Saham

Instrumen investasi saham ini yang akhir akhir ini ramai digunakan oleh masyarakat. Saham sendiri merupakan bukti sesorang ikut serta dalam sebuah perseroan maupun perusahaan. Setiap orang memiliki porsi besaran saham yang berbeda dan besaran ini menentukan kepemilikan. Apabila perusahaan sehat, saham yang telah dimiliki bisa dijual dengan harga yang tinggi. Dan dari penjualan tersebut bisa mendapatkan laba yang begitu besar.

c. Deposito

Mirip dengan tabungan, deposito akan membuat anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Sebab bunga dan juga tingkat pengembalian dananya akan lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan biasa. Hal ini dikarenakan pada deposito anda tidak bisa bebas menarik dana, karena ada kesepakatan dalam jangka waktu berapa dana boleh di ambil.

Beberapa jenis investasi tersebut bisa menjadi pilihan bagi anda yang ingin berinvestasi. Sebelum memutuskan untuk mengambil jenis investasi, anda harus mempertimbangkan beberapa hal dengan baik. Anda harus menyesuaikan investasi sesuai dengan kondisi finansial serta kebutuhan anda. Mulai berinvestasi sejak masih muda akan membantu mendapatkan masa depan yang lebih cerah.