Cara Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik untuk Usia 60 Tahun Keatas

Cara Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik untuk Usia 60 Tahun Keatas

By Admin

Manula atau manusia usia lanjut didefinisikan sebagai orang – orang yang sudah menginjak usia di atas  60 tahun. Pada usia ini, masalah kesehatan sering kali terjadi karena daya tahan tubuh sudah mulai menurun. Dalam hal ini, sering kali manula membutuhkan perawatan di rumah sakit. Asuransi kesehatan adalah salah satu solusinya. Jika Anda tertarik, berikut ini adalah cara memilih asuransi kesehatan untuk usia 60 tahun keatas yang bisa dijadikan acuan disarankan iTrip Wisata.

  1. Pilih Asuransi kesehatan yang Sesuai dengan Kebutuhan Dan Kondisi Kesehatan

Karena asuransi yang akan Anda gunakan adalah asuransi kesehatan, maka Anda wajib tahu tentang kebutuhan dan kondisi kesehatan yang tertanggung. Lansia cenderung memiliki kesehatan yang tidak menentu, sehingga kebutuhan obat dan perawatan akan berbeda dari waktu ke waktu. Karena itulah cari jaminan yang terbuka untuk berbagai macam situasi dan keadaan. Atau Anda bisa memilih produk tertentu (jika tersedia) yang sesuai dengan kondisi kesehatan atau penyakit.

  1. Tentukan Jenis Pertanggungan Atau Jenis Klaim Yang Diinginkan Dari Asuransi Kesehatan

Yang dimaksud dengan pertanggungan adalah bentuk layanan kesehatan yang Anda inginkan. Biasanya ada dua jenis pelayanan yang tersedia, yakni bentuk cairan dana bantuan atau dalam bentuk layanan kesehatan. Untuk memilih ini, ada baiknya Anda pikirkan dengan baik – baik. Bentuk pelayanan kesehatan baik untuk lansia yang membutuhkan perawatan segera, sedangkan ada juga perusahaan yang menawarkan produk dengan layanan dana uang mencapai ratusan juta.

  1. Pahami Dengan Benar Ketentuan Batas Masuk Usia Dan Ketentuan Riwayat Sakit

Perlu Anda ketahui bahwa beberapa perusahaan memiliki batas usia masuk/daftar. Biasanya batasan ini berkisar dari 88 – 90 tahun. Maksud dari persyaratan ini adalah batas akhir masa pertanggungan yang akan diberikan perusahaan asuransi pada pihak tertanggung. Biasanya ada ketentuan tentang riwayat penyakit yang pernah dimiliki. Perlu Anda ketahui jika tidak semua asuransi menanggung jaminan penyakit lama. Jadi Anda perlu pertimbangkan kedua opsi ketentuan tersebut.

  1. Kenali Dengan Baik Syarat Periode Eliminasi Yang Dimiliki Asuransi

Selain Anda perlu memperhatikan ketentuan penyakit, Anda juga perlu memperhatikan periode eliminasi yang ada pada asuransi lansia Anda. Apa maksud dari periode ini? Bisa dibilang periode ini adalah batas waktu sakit tertentu sebagai syarat untuk mencairkan dana klaim asuransi. Sebagai contoh adalah periode eliminasi 30 hari. Maka lansia baru bisa mendapat jaminan dana bantuan jika sakit yang dialami sudah mencapai lebih dari 30 hari.

  1. Pilih Jenis Asuransi Atau Dana Jaminan Yang Sesuai Dengan Selera Pribadi

Hal ini berkaitan dengan selera pribadi pemilik premi. Dengan semakin berkembangnya jaman, ada jenis asuransi konvensional dan syariah. Anda bisa memilih jenis yang sesuai dengan prinsip yang dimiliki. Atau bahkan bisa memilih cara yang lebih sederhana dan mudah, yakni menabung. Selain proses yang lebih mudah, pencairan tidak butuh menunggu periode, pastinya cara ini bisa digunakan untuk segala jenis perawatan yang dibutuhkan.

Demikian beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk memilih jenis asuransi kesehatan yang tepat untuk manula. Untuk memilih asuransi lansia, kondisi kesehatan, penyakit lama, masa eliminasi, dll. perlu diperhatikan. Jenis asuransi pun perlu dipertimbangkan. Jika Anda merasa kesulitan, maka dianjurkan untuk menabung secara konvensional. Meskipun cara sederhana ini tidak sebesar asuransi, namun penggunaannya sama. Jadi, silakan pilih dengan baik dan teliti.