Ketahui Pentingnya Memilih Asuransi Kesehatan yang Cover Rawat Jalan

Ketahui Pentingnya Memilih Asuransi Kesehatan yang Cover Rawat Jalan

By Admin

Jika berbicara tentang kesehatan, aspek ini tidak akan bisa ditebak dan dikira-kira. Ada kalanya suatu penyakit bisa sembuh hanya dalam waktu yang singkat. Ada juga yang perlu pelayanan rawat inap hingga rawat jalan. Sayangnya, hanya asuransi kesehatan rawat inap yang banyak diminati. Sebaliknya jaminan rawat jalan banyak diacuhkan. Padahal asuransi ini juga sama pentingnya. Agar Anda lebih mengerti kepentingannya, simak ulasan berikut ini.

  1. Menanggung Perawatan lainnya

Seperti namanya, rawat jalan berarti Anda tidak perlu masuk rumah sakit untuk mengklaim asuransi ini. Maksudnya adalah asuransi ini tidak hanya membantu dana pembayaran untuk rawat jalan atau pengobatan lanjut saja, namun juga menanggung biaya perawatan di luar rumah sakit lainya. Seperti konsultasi dokter umum, biaya obat – obatan, konsultasi ke dokter gigi, cek dan klaim kacamata, dll. Namun manfaat ini bergantung dengan polis yang Anda pilih.

  1. Menanggung Perawatan Untuk Kecelakaan

Selain memberikan manfaat untuk perawatan tanpa rawat inap, ternyata jenis jaminan yang satu ini bisa digunakan untuk menanggung biaya perawatan untuk kecelakaan. Biasanya asuransi kesehatan tidak bisa langsung menangani korban yang mengalami kecelakaan. Namun, jaminan kesehatan ini bisa digunakan untuk pertanggungan biaya yang terpakai saat itu juga, karena sistem klaim yang lebih mudah untuk dilakukan.

  1. Premi Yang Dimiliki Cenderung Lebih Murah

Semua jenis jaminan pasti harus dibayar setiap bulannya. Banyak yang merasa jika kemungkinan dana yang dikeluarkan tidak sebanding dengan klaim untuk rawat jalan yang biayanya lebih rendah. Namun sebaliknya, Anda juga bisa memilih premi dengan biaya bulanan yang lebih murah dan sesuai dengan kemampuan finansial yang Anda miliki. Sehingga Anda tidak akan merasa dirugikan dengan dana yang dibayarkan.

  1. Perlindungan Komprehensif Dari Perawatan Hingga Pemulihan

Salah satu yang tidak boleh diremehkan adalah jangka waktu Anda berobat. Meskipun biaya yang dikeluarkan tidak sebanyak rawat inap, namun melakukan rawat jalan dalam periode yang panjang juga membutuhkan biaya lebih. Untungnya, asuransi ini akan menanggung seluruh biaya yang dibutuhkan selama Anda dalam pemulihan di luar rumah sakit. Biaya obat rutin yang dibutuhkan, konsultasi dokter rutin, dll. akan dipantau dan dibantu oleh asuransi.

  1. Memiliki Sistem Klaim Yang Mudah

Yang membuat asuransi ini tidak kalah penting adalah cara klaim mudah, sehingga bisa digunakan kapan pun. Dirujuk dari salah satu penanggung asuransi besar di Indonesia, setidaknya ada dua cara klaim yang bisa Anda pilih, yakni cashless atau reimburesement. Sangat dianjurkan untuk menggunakan sistem cashless, dimana Anda hanya perlu menunjukkan kartu anggota asuransi dan pihak rumah sakit akan memproses pembayaran.

Cara pembayaran ini bisa sangat membantu untuk penanganan kecelakaan, obat atau kemoterapi. Terutama karena kecelakaan tidak terduka. Anda akan terbantu dengan cepat untuk menanggung semua biaya tersebut, tanpa perlu cara yang rumit. Namun ada solusi lain yang bisa Anda pilih, yakni menabung. Sama dengan jaminan ini, uang simpanan Anda bisa diambil dengan cepat dan mudah untuk menanggung biaya dadakan yang dibutuhkan.

Itulah beberapa hal yang bisa menjelaskan betapa pentingnya jenis jaminan yang satu ini. Meskipun memiliki dana yang lebih rendah, namun manfaat yang diberikan tidak kalah banyak dengan layanan rawat inap. Terutama kemampuannya menanggung biaya untuk perawatan kecelakaan dan konsultasi dokter. Jika Anda masih belum yakin dengan jaminan ini, ada baiknya Anda menabung. Selain lebih mudah untuk simpan atau ambil, caranya pun tidak rumit.