Poin Penting Ketika Anda Pertama Kali Beli Asuransi

Poin Penting Ketika Anda Pertama Kali Beli Asuransi

By Admin

Kesadaran masyarakat akan kepentingan asuransi berangsur – angsur mulai meningkat. Semakin banyak masyarakat yang sadar akan manfaat yang diberikan oleh jaminan ini. Pastinya di antara jutaan orang yang berminat untuk bergabung, ada mereka yang baru pertama kali mendaftarkan diri sebagai pemegang polis. Jika Anda salah satunya, berikut ini adalah beberapa poin penting yang perlu Anda perhatikan saat membeli asuransi.

  1. Pahami Jenis Polis Asuransi Yang Akan Anda Pilih

Setidaknya, sebagai orang yang pertama kali akan membeli asuransi Anda perlu sedikit belajar tentang jenis – jenisnya. Hal ini sangat penting karena jenis asuransi akan mempengaruhi layanan dan jenis klaim yang dimiliki. Di Indonesia setidaknya ada dua jenis dasar asuransi yang bisa Anda temukan. Yang pertama adalah jangka warsa, dimana polis hanya berjalan dalam jangka waktu tertentu dengan biaya yang tidak terlalu tinggi.

Polis sementara ini biayanya akan semakin meningkat seiring pertambahan umur pemilik. Biaya awalnya memang sedikit, namun saat pembayaran akan dibayar secara penuh. Sedangkan yang kedua adalah Jaminan seumur hidup atau asuransi jiwa. Seperti namanya, jenis ini akan memberi perlindungan semasa hidup hingga mati. Nilai tunai jaminan juga akan bertambah seiring usia, bahkan ada kemungkinan bonus di akhir kontrak asuransi.

  1. Pahami Apa Yang Anda Butuhkan

Jika Anda sudah mengetahui apa yang akan Anda pilih, maka saatnya melihat apa yang Anda butuhkan. Yang dimaksud adalah jumlah asuransi yang akan Anda beli. Setiap orang memiliki keinginan, kebutuhan asuransi dan kemampuan finansial yang berbeda. Anda perlu cermati poin ini karena akan berpengaruh dengan total biaya yang perlu dibayarkan nantinya. Jadi jangan terburu untuk memilih, pikirkan lebih dulu dan pilih yang cocok.

  1. Sesuaikan Asuransi Dengan Anggaran Dana

Tidak hanya mengenai kebutuhan, namun juga dengan dana yang akan Anda keluarkan. Sesuaikan besaran premi yang akan Anda bayarkan dengan dana yang Anda miliki. Hitung jumlah tanggungan dan juga premi yang perlu dibayar. Biasanya premi tidak bisa diganti begitu saja, jadi perhatikan dengan baik. Jangan sampai terlalu berlebihan, sehingga nanti Anda mengalami kesulitan membayar rutin asuransi jiwa dan kesehatan yang dibeli.

  1. Pilih Perusahaan Dengan Layanan Terbaik

Yang terakhir adalah cermat dalam memilih perusahaan dan polis asuransi. Pilih perusahaan asuransi yang punya kredibilitas baik dan terpercaya. Anda bisa melihat dari track record dan juga penghargaan yang dimiliki penanggung asuransi. Pastikan juga Anda memilih polis yang siap sedia setiap saat Anda membutuhkannya, terutama asuransi jiwa. Pahami dengan baik ketentuan dan juga persyaratan yang berlaku pada polis tersebut.

  1. Gunakan Jasa Broker Atau Beralih Ke Menabung

Memilih layanan asuransi yang tepat memang tidak mudah. Terutama jika sudah bersangkutan dengan premi dll. Salah satu solusinya adalah dengan menggunakan jasa broker asuransi. Anda akan dibantu untuk memilih, membuat kontrak, dll. Cara lainnya adalah beralih untuk menabung. Cara ini jelas lebih mudah, selain itu syarat tidak berat, Anda bisa menabung berapa pun Anda mau, dan penarikannya pun tidak rumit.

Itulah beberapa poin yang perlu Anda perhatikan saat membeli asuransi. Baik untuk yang pertama kali ataupun yang sudah pernah poin ini bisa Anda jadikan acuan. Secara garis besar, Anda perlu mengetahui jenis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan keuangan Anda. Gunakan layanan terbaik. Jika Anda kesulitan Anda bisa menggunakan jasa broker atau beralih ke cara konvensional, menabung. Bagaimana pun cermatlah dalam memilih.