Ketahui Peran & Tanggung Jawab Broker Asuransi

Ketahui Peran & Tanggung Jawab Broker Asuransi

By Admin

Dalam dunia asuransi ada suatu istilah yang disebut broker asuransi. Bagi Anda yang belum tahu, broker asuransi adalah badan yang dibentuk untuk membantu memenuhi hak nasabah asuransi yang merupakan pemegang polis. Bisa dikatakan bahwa badan ini ada untuk pihak nasabah agar tidak mengalami kerugian. Memang apa yang dilakukan badan ini? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, silakan simak ulasan tentang peran dan tanggung jawab berikut ini.

Peran Dan Tugas Yang Harus Dilakukan Oleh Pihak Broker Asuransi

Secara garis besar, peran dan tugas badan pembantu nasabah ini adalah membantu para pemegang polis untuk mendapatkan hak asuransi secara penuh. Dengan kata lain, tidak hanya mendapatkan hak, namun juga menghindari segala risiko dalam hal asuransi. Seperti kehilangan atau pengurangan asuransi yang dimiliki nasabah. Badan makelar asuransi ini akan terus melakukan risk inspection dan segala program administrasi bersangkutan dengan asuransi nasabah.

Dalam melakukan administrasi, pihak makelar juga berperan sebagai jembatan antara nasabah sebagai pihak tertanggung dan perusahaan asuransi sebagai pihak penanggung. Karena itulah, salah satu peran yang dimiliki oleh pihak makelar adalah menjalankan negosiasi klaim terhadap perusahaan asuransi atas nama nasabah pemegang polis. Hal ini dilakukan untuk memenuhi hak klaim ataupun hak lainnya yang seharusnya didapat nasabah.

Tidak hanya itu, menggunakan broker asuransi sangat disarankan untuk para nasabah yang belum pernah atau tidak paham dengan sistem asuransi. Karena salah satu peran badan ini adalah membantu menyiapkan dan membuat kontrak asuransi yang kompetitif dan sesuai dengan kebutuhan nasabah. Badan ini akan bekerja sebelum dan selama polish berjalan. Sehingga, peran membantu memilih perusahaan hingga penelitian asuransi juga dilakukan oleh pihak ini.

Tanggung Jawab Yang harus dipenuhi Oleh Sebuah Broker Asuransi

Jika merujuk dari peranan dan tugas yang dilakukan oleh makelar asuransi, bisa dikatakan bahwa ada beberapa tanggung jawab yang perlu dipenuh oleh pihak ini. Tanggung jawab pertama yang harus dilakukan adalah memperkenalkan calon nasabah dengan risk manajement strategy atau strategi manajemen risiko. Sehingga, nantinya rencana asuransi yang akan dipilih oleh calon pemilik polis akan lebih sesuai dengan kondisi keuangan dan bisnis yang dimiliki.

Selain itu, karena broker berperan sebagai pembantu nasabah untuk urusan administrasi selama polish berjalan. Maka pihak broker bertanggung jawab untuk melakukan dealing atau persetujuan asuransi, pengawasan klaim, dan pembaruan catatan, database hingga pembukuan. Bahkan, pihak pemilik polis tidak perlu bingung memilih produk atau strategi paling efektif, karena pihak ini juga bertanggung jawab untuk memberi strategi pemasaran efektif dan up sell klien lama.

Ditambah lagi sebagai jembatan antara dua pihak, bisa dipastikan bahwa broker bertanggung jawab untuk menyampaikan informasi pada kedua pihak tersebut. Selain mengajukan klaim, broker juga akan menyerahkan ulasan tentang kemajuan pada setiap pihak. Meskipun begitu tidak bisa dipungkiri jika asuransi tidak bisa diremehkan. Salah satu solusi lain adalah beralih ke menabung. Karena tidak banyak proses, penarikan mudah dan berisiko lebih rendah.

Demikian informasi mengenai peran dan tanggung jawab yang dimiliki oleh pihak broker asuransi. Secara gari besar, asuransi bukan hal yang bisa diremehkan. Menggunakan jasa broker sangat dianjurkan, karena memiliki peran dan tanggung jawab untuk membantu pihak nasabah. Jika Anda ingin solusi yang lebih mudah dan aman, Anda bisa beralih ke cara konvensional menabung. Namun, pilihan ada di tangan Anda. silakan pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda.