Tips Jitu Dalam Memilih Investasi Lahan Kosong

Tips Jitu Dalam Memilih Investasi Lahan Kosong

By Admin

Saat ini memikirkan investasi untuk merencanakan masa depan yang lebih baik memang seperti sebuah keharusan. Berbagai instrumen investasi hadir untuk membuat masyarakat mudah memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan keadaan finansial. Meskipun begitu memilih investasi haruslah yang menguntungkan dan salah satu yang banyak dilakukan adalah investasi lahan kosong. Sebelum melakukan investasi satu ini, simak tips memilihnya dalam ulasan Writer Seonesia berikut.

  1. Memilih Lahan Dengan Kawasan Yang Prospeknya Baik

Agar anda tidak mengalami kerugian, maka lokasi lahan sangat menentukan. Memilih kawasan yang prospeknya tinggi memang membutuhkan modal yang besar, namun tetap akan memberikan peluang keuntungan yang berlipat. Lokasinya yang mudah dijangkau dan dekat jalan raya menjadi pilihan yang tepat. Tanah seperti ini akan banyak diinginkan sehingga anda bisa menyewakannya sehingga bisa mendapatkan imncome yang menggiurkan.

Lokasi yang strategis juga harus anda perhatikan jika ingin mendapatkan nilai jual yang tinggi. Memilih tanah yang berada di pusat kota atau dekat dengan keramaian biasanya akan memiliki harga konstan dalam waktu yang panjang. Dengan memilih lahan yang stategis lokasinya akan memudahkan anda untuk mendapatkan keuntungan dalam investasi. Untuk itu anda harus memperhatikan kawasannya dan strategis tidaknya untuk menarik penyewa.

  1. Memperhatikan Kondisi Tanah

Karena tujuan anda investasi adalah mendapatkan keuntungan, maka bentuk dari tanahnya harus anda perhatikan. Apakah bentuk tanahnya proposional maupun tidak harus menjadi pertimbangan anda. Langkah ini tentunya untuk mengetahui keinginan pasar saat ini.Tanah dengan kontur yang tidak rata cenderung banyak dihindari dan tidak diminati. Kemungkinan terjadinya longsor dan sebagainya menjadi faktor utamanya, maka anda harus memperhatikan tanahnya.

  1. Memeriksa Legalitas Tanah yang Akan Dibeli

Hal ini tidak boleh anda lewatkan ketika ingin berinvestasi lahan kosong. Tanah yang akan anda jadikan investasi haruslah tanah yang tidak terlibat sengketa. Kepemilikan SHM bisa menjadi bukti jika tanah tersebut legal. Anda juga sebaiknya memilih lahan yang benar benar kosong dan tidak digunakan untuk aktivitas apapun. Hal ini akan meminimalisir adanya konflik yang tentunya akan menimbulkan hal hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

  1. Menjaga Keamanan Lahan

Jika anda ingin membeli tanah kosong untuk dijadikan sebagai investasi, keamanan lahan harus diperhatikan. Memilih lahan yang sudah dipagari akan lebih menguntungkan karena keamanannya terjaga. Pengamanan ini sangat penting untuk menghindari pihak pihak yang melakukan okupasi pada lahan anda. Dimana kejadian tersebut bisa terjadi kapan saja, tiba tiba saat dilakukan pengukuran ternyata luasnya tidak sama dengan yang tertera dilegalitas.

  1. Mempertimbangkan Harga Beli Tanah

Apabila anda rasa lahan kosong tersebut memenuhi kriteria anda, anda kini tinggal memperhatikan harga beli tanah tersebut. Dengan membandingkan dengan nilai jualnya nanti akan membantu anda untuk menafsir apakah bisa mendapatkan keuntungan atau tidak. Jika harga terlalu mahal namun harga jualnya rendah, maka anda akan mendapat kerugian dalam investasi anda nantinya. Lebih baik memilih yang harganya masuk akal untuk menghindari kerugian.

Untuk membuat investasi lahan kosong anda bisa menguntungkan, ada baiknya jika anda memperhatikan hal hal tersebut. Meskipun terkesan sepele, namun sangat mempengaruhi keuntungan investasi anda. Tidak ada orang yang menginginkan kerugian dalam investasinya apalagi tanah harga belinya tidak murah. Maka sebaiknya anda tidak buru buru dan menyempatkan untuk melakukan pengecekan terkait dengan tanah yang akan anda jadikan investasi nantinya.