5 Tips Memilih Kartu Kredit Bagi Pemula

5 Tips Memilih Kartu Kredit Bagi Pemula

By Admin

Kartu kredit lazim digunakan sebagai alat transaksi keuangan dan berbelanja, yang bahkan sudah masuk sebagai salah satu gaya hidup yang dianggap lebih praktis sekaligus mendatangkan segudang keuntungan. Mengetahui hal tesebut, para pemula pun tertarik mengajukan permohonan pembuatan kartu kredit namun kesulitan dalam menentukan yang terbaik bagi dirinya sendiri. Agar tidak salah pilih, berikut sedikit tips mudah memilih kartu kredit untuk pemula.

  1. Mempertimbangkan Kredibilitas Bank Penerbit

Boleh saja tergiur ketika melihat berbagai penawaran menarik dari berbagai penerbit kartu, namun jangan lupa jika anda juga perlu mempertimbangkan kembali kredibilitas penerbit kartu sakti. Sebagai bahan pertimbangan matang, anda bisa melihat bagaimana latar belakangnya terlebih dahulu. Apabila memang memiliki kredibilitas dan reputasi yang baik, tentu saja nasabahnya akan diberikan keuntungan lebih ketika menggunakan produk mereka.

  1. Mempertimbangkan Reward Beserta Fasilitas Tambahan

Alasan yang paling disenangi ketika menggunakan kartu sakti ini bukanlah hanya karena praktis dan mudah dibawa kemanapun, melainkan banyaknya reward yang ditawarkan oleh pihak penerbit kartu. Penawaran reward pun cukup beragam seperti adanya diskon berbelanja kebutuhan sehari hari, mendapatkan poin, atau bahkan langsung mendapatkan barang tertentu. Bagi anda yang senang mengumpulkan reward, nampaknya kartu kredit ini sangat cocok digunakan.

Sebagai pengguna yang cerdas, anda perlu mempertimbangkan kembali dengan adanya berbagai fasilitas tambahan yang ditawarkan. Contohnya saja seperti kemampuan akses ATM di seluruh penjuru dunia, mendapatkan asuransi pembayaran tagihan kartu kredit, asuransi perjalanan, dan masih banyak lagi faslitas lain yang menggiurkan. Apabila anda seringkali membutuhkan fasilitas tambahan ini, tidak ada salahnya mempertimbangkan secara matang.

  1. Mengetahui Perbedaan Jenis Kartu Kredit

Ketika mengajukan aplikasi kartu sakti ini, umumnya nasabah akan diwajibkan memilih jenis kartu yang diinginkan. Setidaknya ada tiga jenis yang biasa ditawarkan seperti kartu kredit emas (gold), platinum, dan juga klasik (classic). Khusus untuk kartu gold dan platinum, bisa disebut sebagai kartu premium dengan penawaran limit yang tinggi dan menawarkan berbagai manfaat ekslusif.

Jika memang memiliki pendapatan yang cukup tinggi, nampaknya kedua jenis kartu ini sangat cocok dimiliki. Pasalnya semakin banyak fasilitas tambahan yang bisa dimikmati, maka secara otomatis akan disesuaikan dengan besarnya biaya tahunan yang harus dibayarkan. Sedangkan kartu classic lebih cocok digunakan sebagai pemenuhan kebutuhan sehari hari saja. Oleh karenanya, silahkan pilih jenis kartu dengan menyesuaikan kebutuhan dan kemampuan.

  1. Memperhatikan Diskon yang Diberikan

Salah satu alasan kenapa masyarakat semakin senang menggunakan kartu kredit, berasal dari banyaknya penawaran diskon yang diberikan. Terutama bagi mereka yang gemar berbelanja, tampaknya penawaran tersebut begitu menggiurkan. Untuk mendapatkan keuntungan lebih, silahkan mencari daftar penjual yang telah bekerjasama dengan pihak penerbit kartu. Dengan sering berbelanja di tempat tersebut, dijamin anda akan mendapatkan diskon tinggi.

  1. Memastikan Tingkat Keamanannya

Sebagai nasabah, tentu saja anda perlu mempertanyakan bagaimana keamanan ketika menggunakan kartu kredit. Oleh karenanya, penting memilih penerbit kartu kredit yang mampu memberikan keamanan lebih kepada para nasabahnya. Bentuk keamanan yang bisa diberikan pun beragam seperti adanya foto diri ataupun pencetakaan tanda tangan di kartu saktinya. Hal ini bukanlah tindakan sepele, lantaran bisa memperkecil kemungkinan adanya penyalahgunaan kartu.

Sebagai alat pembayaran yagn praktis, kartu canggih ini memang menghadirkan segudang keuntungan bagi nasabahnya. Meski menghadirkan segudang keuntungan, jangan lupa untuk menyisihkan sebagian dana untuk ditabung. Aktifitas sederhana ini akan membantu anda kelak, terutama ketika terjadi pengeluaran anggaran mendadak yang melebihi dari budget yang dimiliki.